Berita

Selasa, 13 September 2022 10:04

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2022/2023 UNTUK MEWUJUDKAN MAHASISWA UNGGUL DAN KOMPETITIF DI ERA DIGITAL

Nilai butir ini
(1 Pilih)

BAUBAU - Terhitung sejak tanggal 7 hingga 10 September 2022, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Politeknik Baubau Tahun Akademik 2022/2023 yang diikuti oleh 285 mahasiswa baru ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan mengusung tema "PKKMB Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Kompetitif di Era Digital". Kegiatan ini, dibuka secara resmi oleh direktur Politeknik Baubau, Asriadi, SKM. M.Kes. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Baubau menghimbau dan mengharapkan kepada mahasiswa baru agar giat dan tekun selama menerima materi-materi dari narasumber guna setelah selesai nanti mahasiswa baru mendapatkan bekal untuk lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan system pendidikan diperguruan tinggi secara umum dan secara khusus dapat membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertindak dan betutur kata, anti kekerasan dan berbudaya serta bermartabat sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

PKKMB menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan momentum perubahan besar yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karier serta pentingnya belajar sepanjang hayat. Peran kepemimpinan Indonesia dalam presidensi G20 tahun 2022 dapat menjadi momentum untuk memotivasi, membangun kepercayaan diri dan mendorong mahasiswa baru untuk memperluas pergaulan dan mengembangkan global leadership skills selama belajar di perguruan tinggi.
Pada hari pertama kegiatan juga diisi oleh Kepala BNN Kota Baubau dengan judul materi materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan materi Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka disampaikan oleh Bapak Suparman Supardi selaku wakil direktur bidang akademik Politeknik Baubau.

Pada hari kedua Mahasiswa Baru menerima materi Pemahaman Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tungga Ika oleh Kapten Infantri Harlin Ulo sebagai perwalian Kodim 1413 Buton dan materi Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme Serta Bahaya Teroris disampaikan oleh Kabag Ops Polres Baubau Bapak Kompol Suriadi, SH., MH. Selain materi inti yang dibawakan oleh narasumber dari dalam dan luar kampus Politeknik Baubau, mahasiswa baru juga diperkenalkan dunia organisasi kemahasiswaan hingga mars Politeknik Baubau oleh segenap DPM dan BEM Politeknik Baubau yang juga dilengkapi dengan materi Pengenalan Organisasi dan Kegiatan Kemahasiswaan di Politeknik Baubau oleh wakil direktur bidang kemahasiswaan Ibu Dra. Poniasih Lelawatty, M.Si.

Hari ketiga tidak kalah menarik perhatian minat mahasiswa baru dengan menghadirkan beberapa alumni Politeknik Baubau dari program studi RMIK Waode Nurul Qomariah Ramadhan dan Siti Shalilah yang telah berhasil bekerja di Jepang serta Umi Anggraeni dari program studi kebidanan yang bekerja disalah satu rumah sakit di Riyadh Arab Saudi.

Sabtu, 10 Oktober 2022 adalah hari terakhir pelaksanaan PKKMB Tahun Akademik 2022/2023 dilakukan pengenalan Program Studi dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat mengenal lebih jauh terkait program studi pilihannya serta dosen-dosen di program studi tersebut. Acara puncak PKKMB adalah upacara penutupan yang dilangsungkan di pelataran kampus Politeknik Baubau yang dihadiri oleh mahasiswa baru dan segenap civitas akademika Politeknik Baubau. Sudirman P, SKM., M.Si selaku Ketua Panitian PKKMB memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa baru yang telah berhasil menyelesaikan proses pengenalan kehidupan kampus ini dengan lancar tanpa hambatan. Upacara penutupan berlansung khidmat, secara resmi ditutup oleh Direktur Politeknik Baubau, Asriadi, SKM. M.Kes.
(UKM Literasi Media dan Informasi)

Baca 924 kali

Hubungi Kami

Kampus Politeknik Baubau

Kantor : Jl. Lakarambau Kec. Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia

Tlp : (0402) 2823600

Fax : (0402)2823600

Email: info[at]poltekbaubau.ac.id

Peta Lokasi Kampus

© 2021 Politeknik Baubau. All Rights Reserved.
Web Support

Pencarian